-->

Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal

Bingung nih cara cari bilangan desimal ke biner ke oktal dan ke hexa, apalagi kalau angka udah nauzubila sekian digit..... lama-lama kepala ane bisa botak dah.... Eh untungnya dapat wejangan dari pak Dosen (Pak Syahroni, MT)  tentang Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal dari Bilangan Desimal... Dan aseli bener-bener super cepat lho, ga sampe 5 menit udah kelar urusan konversi nilai desimal ke biner ke oktal dan ke hexa,,, ajib dah...

Nah biar sobat pada ngerti dan tau juga cara cepat mencari bilangan biner oktal dan hexadesimal, disini ane coba menzabarkan dengan tulisan plus gambar yang udah ane buat dengan susah payah agar mudah dipahami dan dimengerti oleh sobat smua... Yuk mari belajar mencari bilangan biner oktal dan hexa dengan cara super cepat.

1. Cara Cepat Mencari bilangan Biner (Basis 2)
Pertanyaan; 68(10) = ....(2)
Baca; 68 Basis Sepuluh (Desimal) = titik titik berapa basis dua (Biner)

Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal
Konversi nilai Desimal ke Biner

Nah seperti gambar yang telah ane buatkan diatas untuk teman-teman Untuk mengkonversi bilangan desimal ke biner caranya;
1. Buatlah table 2 pangkat 0, 2 pangkat 1, dan sterusnya sampai angka mendekati dibawah angka desimal yang akan kita cari.
2. Mulailah dari yang paling mendekati lalu isikan 1 biner

contohnya, pada gambar diatas yang paling mendekat 68 adalah 64, maka kita isikan 1 biner, kemudian 68 dikurang 64 sisa 4, berarti kita akan cari angka 4 pada tabel pangkat 2 yang kita buat tadi dan isikan 1 biner lagi, untuk tabel yang kita lewati atau tabel yang tidak masuk kedalam hitungan pencarian kita maka kita isikan dengan 0 biner dan hasilnya akan seperti gambar diatas, selamat mencoba.

2. Cara Cepat Mencari Bilangan Oktal (Basis 8)
Pertanyaan; 68(10) = ..........(8)
Baca; 68 Basis sepuluh (Desimal) = titik titik berapa basis delapan (Oktal)

Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal
Konversi bilangan Desimal ke Oktal

Nah seperti gambar diatas,
Untuk mengkonversi bilangan desimal ke oktal dengan cara cepat adalah kita akan mengkonversinya ke biner terlebih dahulu seperti contoh pada cara pertama, setelah itu kita akan pisahkan 3 digit - 3 digit bilangan biner dari belakang (ingat 3 digit) lalu kita jumlahkan untuk mencari bilangan oktal seperti gambar diatas.

3. Cara Cepat Mencari bilangan Hexadesimal (Basis 16)
Pertanyaan 68(10) = ........(16)
Baca; 68 Basis sepuluh (Desimal) = titik titik berapa basis 16(Hexa)

Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal
Konversi nilai Desimal ke Hexadesimal

Nah seperti gambar diatas juga,
Untuk mengkonversi bilangan desimal ke hexa dengan cara cepat adalah kita harus mengkonversinya ke biner terlebih dahulu sama seperti langkah kedua, setelah itu kita akan pisahkan 4 digit - 4 digit mulai dari belakang bilangan biner (ingat 4 digit) yang sudah kita dapat lalu menjumlahkannya.

Terakhir, dibawah ini adalah gambar Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal dalam 3 langkah (wow keren) hahaha dibawah adalah hasil dari 3 cara cepat sebelumnya (diatas) tapi jika sudah mengerti logikanya maka seperti inilah cara kita mencari bilangan biner oktal dan hexadesimal dengan cara cepat.

Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal
Mengkonversi Desimal ke Biner Oktal Hexa sekaligus
Video Tutorial Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal


Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman kampus and teman-teman komputerbusuk, jangan berkecil hati bila sobat masih bingung, silakan tanya dimana bingungnya dan saya akan coba membantu sebisanya semampu saya.... Piss :D

Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesima dari Bilangan Desimal
Sumber: Dari hati yang paling dalam

Tags: Konversi Biner, Konversi Oktal, Konversi Hexa, Konversi Desimal, Bilangan, Cara Cepat, Cara Mencari, Carai, konversi bilangan biner, bilangan oktal, bilangan hexadesimal, penjumlahan bilangan biner, tabel bilangan biner, contoh soal bilangan biner beserta jawabannya, bilangan biner pada komputer, fungsi bilangan biner

2 Responses to "Cara Cepat Mencari Bilangan Biner Oktal Hexadesimal"

  1. belajar lagi nih dari artikelnya, makasih banget gan
    http://idblackwalet.com/

    BalasHapus

Harap berkomentar sesuai Tema pada artikel Komputer Busuk... Komentar Sara dan Spam akan dihapus!!!
Terimakasih atas komentar yang baik dan membangun...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel